Rahasia di Balik Kehebatan Data Center Google

Rahasia di Balik Kehebatan Data Center Google

Berkaitan dengan pentingnya data center, Google sangat mengutamakannya. Pelayanan Google yang optimal dalam menyediakan data untuk semua orang tentunya didukung oleh kehebatan pusat datanya. Data center Google punya kehebatan yang luar biasa. Apakah itu? Kehebatan dari pusat data tersebut dikarenakan menggunakan sistem sebagai berikut.

  1. Pusat Data Sebesar Kontainer

Modern ini, sistem pusat data milik Google semakin baik dan canggih. Modernisasi sudah diterapkan di dalam sistemnya. Kecanggihan tersebut juga dipengaruhi oleh ukuran pusat data yang sangat besar. Terbukti, pusat data Google ini sebesar kontainer untuk menjamin penyimpanan data yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun oleh orang di seluruh dunia.

Penyediaan pusat data yang besar tersebut merupakan suatu pemenuhan kebutuhan jangka panjang mengingat Google harus menyimpan dan mengelola berbagai data berukuran besar. Sebuah shipping container yang ukurannya 1AAA berkapasitas 1160 server adalah suatu media penyimpanan yang terpusat. Semua server-nya juga aktif non stop menyediakan data.

  1. Mempunyai Server Khusus

Server yang dimiliki Google punya sistem khusus. Perumusan sistem data center unggulan untuk Google ini merupakan suatu solusi untuk kebutuhan penyimpanan data dan penyediaan data. Karenanya, server milik Google sudah didesain agar mampu menyediakan sistem informasi yang non stop.

Server Google yang tersimpan dalam rak penyimpanan ini punya ketebalan 3,5 inci dan tersedia dalam 2 rak unit. Jadi, setiap server menggunakan dua prosesor, dua hard drive, dan 8 slot memori yang dipasangkan di motherboard yang didesain dalam gigabyte. Prosesor dalam setiap server Google tersebut menggunakan x86 AMD atau Intel.

Pemakaian daya di pusat data Google dapat mencapai 250 kilowatts. Pencapaian pemakaian daya ini juga sudah diperhitungkan sebagai dasar penentuan komponen penyusun spesifikasi seluruh mesin dalam rangkaian pengelola data.

  1. Menerapkan Sistem Efisiensi Energi

Data center Google yang terkenal dengan kehebatannya memang mempunyai banyak kelebihan sistem. Salah satunya adalah menerapkan sistem efisiensi energi. Mengingat banyaknya data yang harus disimpan dan dikelola, menyebabkan Google harus mempunyai sistem pusat data yang mumpuni.

Oleh karena itu, Google menerapkan sistem environmental protection guna mengefisiensi pemakaian energi atau power supply agar sesuai dengan pengeluaran di setiap mesin. Hal ini sangat menghemat biaya sumber daya. Tak hanya itu, efisiensi energi juga diperoleh dari pemakaian power supply khusus yang mengeluarkan energi sesuai kebutuhan server.

  1. Memakai Power Supply Khusus

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa power supply dalam pusat data Google memang dirancang khusus untuk menghemat Daya yang harus dikeluarkan. Sistem ini sangat membantu menghemat biaya sumber daya.

Jadi, prinsipnya power supply dalam pusat data Google ini menggunakan 12 volt baterai untuk setiap server jika terjadi persoalan pasokan listrik. Pemakaian baterai ini mampu mengefektifkan penggunaan energi sampai 99,9% dibandingkan memakai UPS raksasa yang terpusat dengan energinya yang hanya mencapai 95%.

  1. Menggunakan Kabel Berwarna-Warni

Keunikan dari desain pusat data Google juga mendukung kehebatannya. Dalam hal ini, pusat data Google mempunyai kabel berwarna-warni untuk menghubungkan setiap server ke power supply dan ke komponen infrastruktur lainnya. Pemakaian kabel yang berwarna-warni ini merupakan bagian dari desain pusat data yang menarik sekaligus memudahkan.

dengan memakai kabel yang berwarna-warni tersebut, pihak Google menjadi lebih mudah dalam mengontrol kerja komponen di pusat data. Pemeliharaan data dapat terjamin dengan pengawasan kinerja sistem yang baik. Kabel yang berwarna-warni tersebut sudah mewakili suatu arti yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google.

Berbagai hal itu merupakan rahasia di balik kehebatan sistem data center Google. Anda bisa mengakses data di Google kapan saja dan di mana saja karena kemampuannya menyediakan data selama 24  jam setiap harinya. Mengenai infrastrukturnya, Lintasarta sudah mumpuni untuk mendukung pemasangan komponen dan pemeliharaan pusat data Google.

admin

shares