Mitos dan Fakta Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Mitos dan Fakta Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Tidak jarang kita merasakan telinga berdenging sebelah kiri, entah itu yang masih muda atau yang sudah tua. Kondisi telinga itu biasa dikenal dengan istilah tinnitus yang suaranya seperti berdesis, berdengung, atau mengaum. Menariknya, masih banyak orang yang mengait-ngaitkannya ke hal-hal mistis atau pun mitos.

Padahal kalau dalam dunia medis, telinga berdenging di sebelah kiri bukanlah hal yang sepele. Awalnya penderitanya masih biasa saja, tapi lama kelamaan akan semakin mengganggu aktivitas dan kalau sudah bertambah parah bisa menyebabkan stress sampai depresi. Meski kondisi ini bisa saja dialami oleh siapa pun, tapi yang paling umum mengalaminya yaitu orang-orang yang sudah lanjut usia.

Karena sudah terlalu banyak mitos-mitos tentang telinga kiri berdenging, simak dulu fakta-fakta sebenarnya di bawah ini.

Telinga Berdenging Berarti Ada yang sedang Membicarakan Kita

Mitos satu ini pasti sudah sering banget kita dengar. Meski begitu, faktanya adalah telinga berdenging sebelah kiri menandakan kalau penderitanya baru saja mengalami tinnitus yang masih ringan. Kondisi itu menjadi sebuah gejala dari suatu penyakit telinga, seperti telinga tuli, Meniere, tumor, dan sebagainya.

Maka itulah, kalau kamu mulai merasakan telinga kiri kamu berdenging, bukan berarti ada orang lain yang membicarakan kamu ya. Sudah jelas kalau kondisi itu sebagai tanda-tanda dari penyakit telinga tertentu.

Mendengar Suara dari Dalam Telinga Berarti Tidak Waras

Mitos lainnya yang tidak jarang kita dengar yaitu kalau kita mendengar suara dari dalam telinga, berarti kita bukan orang yang waras. Padahal, faktanya adalah orang yang sedang mengalami tinnitus memang selalu mendengar suara-suara yang asalnya dari dalam telinga. Suara itu memang tidak bisa didengar orang lain, sehingga tidak heran juga kalau penderitanya dianggap tidak waras.

Sebenarnya, suara itu asalnya memang dari telinga atau otak penderitanya. Suaranya itu sendiri mirip seperti suara jarum jam yang berdetak. Kalau orang lain mendengarnya dengan benar-benar, akan terdengar suara yang jelas dari telinga penderitanya.

Tidak Ada Obatnya

Banyak yang bilang kalau telinga berdenging sebelah kiri tidak ada obatnya. Padahal, obatnya bisa saja diberikan tergantung dari penyebab dan tingkat keparahannya. Misalkan kalau telinga yang berdenging itu karena ada kotoran yang menumpuk, dokter bisa membersihkan telinganya dan penderitanya tidak lagi merasakan denging telinga lagi.

Begitu juga kalau telinganya berdenging karena ada infeksi, dokter akan memberikan obat tetes buat mengurangi peradangan, gatal, atau pun antibiotik. Kalau sudah parah atau karena ada tumor, maka penderitanya akan menjalani operasi.

Dari penjelasan fakta-fakta di atas, sudah jelas kalau telinga berdenging sebelah kiri bukan sebagai mitos belaka. Itu memang karena ada kondisi medis yang benar-benar terjadi. Agar terhindar dari kondisi telinga berdenging, sebaiknya kurangi menggunakan headset atau earphone terlalu lama. Jangan juga mendengarkan suara yang terlalu keras karena bisa membuat telinga cepat rusak.

admin

shares