Jenis Radang Tenggorokan Berdasarkan Pemicunya yang Wajib Diwaspadai

Jenis Radang Tenggorokan Berdasarkan Pemicunya yang Wajib Diwaspadai

Radang tenggorokan adalah gangguan kesehatan yang sudah biasa. Hampir setiap orang sudah pernah mengalaminya. Pasalnya, banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Mengetahui fakta ini, sudah seharusnya Anda mengetahui semua jenis peradangan di tenggorokan agar dapat memahami gejala serta menjauhi penyebabnya. Inilah berbagai jenis radang yang wajib diwaspadai.

  1. Radang yang Diakibatkan Virus

Salah satu penyebab utama peradangan di tenggorokan adalah virus. Spesifikasi radang karena virus ini merupakan jenis yang paling umum terjadi. Terdapat beragam virus yang menyebabkan peradangan di tenggorokan dan mempengaruhi pernapasan.

Beragam virus tersebut menyebabkan berbagai penyakit pernapasan yang gejalanya berupa radang di tenggorokan, di antaranya virus penyebab flu, influenza, batuk, hingga infeksi saluran pernapasan. Infeksi akibat virus lainnya yang menyebabkan radang adalah penyakit cacar air, campak, dan gondok. Peningkatan kekebalan tubuh sangat penting untuk mencegah infeksi virus.

  1. Radang yang Disebabkan Bakteri

Bakteri merupakan penyebab utama yang juga menyebabkan sakit tenggorokan berupa peradangan. Infeksi yang disebabkan bakteri hingga menimbulkan peradangan ini dapat diatasi dengan menjaga kebersihan sekaligus peningkatan sistem imun.

Jenis peradangan di tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri ini juga mengarah ke penyakit lain yang ditandai peradangan. Beberapa penyakit tersebut di antaranya radang amandel, peradangan pada epiglotis, radang di uvula, dan infeksi bakteri lainnya yaitu difteri.

  1. Radang karena Alergi

Jenis radang tenggorokan berikutnya yang cukup sering terjadi adalah radang yang disebabkan oleh alergi. Reaksi alergi berupa peradangan ini bisa dikarenakan banyak sebab, misalnya alergi dengan debu, aroma tertentu yang menyengat, serbuk sari pada bunga, ataupun udara dingin. Setiap jenis alergi ini dapat menimbulkan gejala berupa peradangan di area tenggorokan.

  1. Radang Akibat Zat Tertentu

Menghirup bahan kimia atau asap rokok menjadi salah satu pemicu tenggorokan menjadi radang. Berbagai zat tertentu tersebut memang berbahaya untuk saluran pernapasan manusia, sehingga tubuh memberikan reaksi negatif berupa peradangan di tenggorokan.

Jika terus menerus menghirup zat tersebut, kondisi tenggorokan akan semakin parah. Karenanya, Anda harus segera menghindari asap rokok dan sumber bahan kimia. Usahakan menggunakan masker apabila berada dekat dengan sumber zat tertentu tersebut demi kesehatan tenggorokan dan saluran pernapasan.

  1. Radang Akibat Faktor Udara

Jenis peradangan berikutnya yang terjadi di tenggorokan adalah radang yang disebabkan karena faktor udara. Kondisi udara yang tidak sehat atau berpolusi tentu saja harus dihindari. Gunakanlah masker pelindung jika berada di jalan raya, tempat berdebu, jalan berpasir, dan sebagainya yang menyebabkan udara tidak bersih atau tidak sehat.

Perbedaan atau perubahan tekanan udara yang signifikan juga sangat berpengaruh pada kesehatan tenggorokan. Hal ini erat kaitannya dengan kelembaban area tenggorokan. Jika Anda berada di tempat yang kering dan tandus, maka akan mengalami peradangan di tenggorokan.

Penyakit radang tenggorokan ini mempunyai risiko sendiri-sendiri sesuai dengan penyebabnya dan seberapa parah kondisinya. Bagaimanapun itu, tetap saja setiap penyakit akan semakin parah jika tidak segera ditangani dengan baik dan segera. Jangan tunda lagi, segera pahami setiap jenis radang di tenggorokan tersebut agar bisa mengambil tindakan pencegahan atau penyembuhan.

admin

shares